Monday, March 4, 2013

Obat Alami Pilek Bayi, Cara Ampuh Mengatasinya

Obat Alami Pilek Bayi, Cara Ampuh Mengatasinya
Pilek adalah salah satu penyakit umum yang sering di alami oleh bayi. Biasanya menyerang hingga 5-12 kali dalam setahun. Kedatangan penyakit tersebut kadang membuat si kecil tak berdaya dan sebagai orangtua kita selalu memberikan pelayanan terbaik untuknya supaya lekas sembuh.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tertular dari orang lain, kondisi tempat tinggal yang tidak sehat, penggunaan AC dimalam hari, konsumsi makanan kurang sehat, dan sebagainya. Mengingat sangat rentan akan datangnya penyakit pilek, peran orangtua haruslah benar agar setiap penyakit tersebut datangmaka orantua sudah punya solusi terbaik untuk mengatasinya.

Gejala pilek biasanya ditandai dengan tersumbatnya saluran pernafasan, bersin-bersin, ingusan, tenggorokan sakit, suara serak, dan temperatur tubuh naik atau demam ringan. Meskipun tergolong bukan penyakit berat namun tentu saja sangat mengganggu, si kecil juga kadang tak berdaya hanya bisa menangis.

Atasi Pilek Bayi dengan Benar

Seperti penyakit batuk, pilek juga salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Sebenarnya tidak ada obat jenis apa pun di pasaran yang mampu mengatasi dan menyembuhkan pilek. Obat di pasaran hanyalah berfungsi untuk meringankan gejala pilek atau pun batuk. Sesungguhnya yang dapat menyembuhkan penyakit pilek itu sendiri hanyalah daya tahan tubuh anak.

Nah mengingat upaya peningkatan daya tahan tubuh itu sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan, dibutuhkan beberapa tindakan untuk lebih meningkatkan daya tahan tubuhnya. Beberapa hal berikut ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak :

1. Air Susu Ibu (ASI)
Peran ASI bagi kesehatan anak sangatlah besar karena ASI mengandung zat antibodi yang mampu melawan infeksi virus. Namun yang sering terjadi adalah kadang anak begitu malas menyusu, padahal ASI adalah obat terbaik mempercepat proses penyembuhan penyakit karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Makan makanan bergizi
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anak juga harus rajin mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin seperti Apel, jeruk, buah naga, kiwi, strawberry dan lain-lain.

3. Istirahat yang cukup
Istirahat cukup dapat membantu mempercepat proses pemulihan penyakit ini. Kurangi dulu waktu main anak, perbanyaklah istirahat.

Selain beberapa hal di atas, perlu juga tindakan-tindakan terapi seperti terapi non farmakologis / terapi tanpanobat ataupun terapi farmakologis / dengan obat.

Terapi Non Farmakologis / Non Obat
  • Jemur pagi
  • Banyak minum
  • Mandi air hangat
  • Berkumur air garam
  • Atur letak bantal
  • Gunakan penyedot ingus
Terapi Farmakologis / Dengan Obat
  • Larutan obat tetes NaCl fisiologis 0,9 %
  • Paracetamol  
  • Antibiotik
  • Balsem/Minyak 
Sumber : http://sobatobat.blogspot.com/2012/07/batpil-pada-anak-atasi-dengan-benar.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes