Monday, March 11, 2013

Tips kesehatan bagi perokok


Tips kesehatan bagi perokok yang perlu kita ketahui bersama dalam menjaga tubuh tetap sehat dimana asap rokok merupakan ancaman serius bagi kesehatan anda, dalam tips kesehatan bagi perokok ini bukan hanya ditujukan bagi perokok aktif saja. Perokok pasif juga tentunya perlu mengetahui akan dampak negtif dari asap rokok yang terhirup kedalam tubuh. Asap rokok merupakan bentuk unsur senyawa kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita, memasukan zat berbahaya tersebut sama saja dengan memasukan berbagai macam jenis racun kedalam tubuh yang tentunya dapat mempengaruhi kesehatan kita.

Sulitnya mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan merokok ini tentunya menjadi sebuah kendala besar bagi seseorang yang memiliki kebiasaan merokok. Dimana jika tidak diiringi dengan niat yang kuat tentunya akan semakin sulit menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Namun terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menjalani tips kesehatan bagi perokok ini.

Diawali dengan memberikan asupan makanan yang bergizi tinggi serta seimbang, dimana asupan gizi seimbang ini berfungsi untuk menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh terhadap gangguan kesehatan. Dengan tingginya sistem kekebalan tubuh tentunya dapat membentengi diri dari ancaman gangguan kesehatan yang muncul dari kebiasaan merokok. Dimana bagi perokok tentunya akan semakin berat tugas dan fungsi dari sistem kekebalan tubuh ini bekerja, jika tidak diimbangi dengna asupan akan nutrisi yang bergizi tinggi tentunya sistem kekebalan tubuh akan melemah seiring dengan waktu.

Dalam membentengi tubuh terhadap gangguan dari kuman dan bakteri yang terkandung dalam asap rokok ini tentunya sistem kekebalan tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang mampu menetralisir racun secara maksimal. Makanan yang tinggi akan vitamin C dibutuhkan bagi tubuh untuk menangkal segala radikal bebas yang terdapat dalam tubuh yang dihasilkan oleh racun dari rokok tersebut. Selain berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh, fungsi dari vitamin C ini juga mampu memberikan kesehatan terhadap gusi. Dimana gusi perokok rentan sekali terhadap ancaman kesehatan gusi.

Disamping mencukupi kebutuhan akan vitamin C tubuh juga tentunya memerlukan beberapa vitamin lainnya seperti vitamin A, D serta vitamin E. dimana vitamin A akan berfungsi sebagai pembantu dari vitamin C dalam menangkal radikal bebas yang terdapat dalam tubuh. Vitamin E dibutuhkan oleh tubuh untuk membuang sisa dari racun yang terkandung dalam asap rokok. Sedangkan vitamin D bekerja untuk membantu menjaga kesehatan tulang, gigi dan gusi.

Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok tentunya menyebabkan gigi menjadi kuning, untuk mencegah gigi kuning sebaiknya anda juga perlu menjaga kebersihan gigi dengan rain menggosok gigi agar kandungan nikotin yang menempel tidak mempengaruhi kesehatan dari gigi anda.

Melakukan olahraga secara teratur juga merupakan tips kesehatan bagi perokok yang perlu dilakukan. Dimana pada umumnya perokok akan lebih mudah terkena serangan gangguan kesehatan seperti jantung, paru-paru , tersumbatnya aliran darah, gangguan mata dan lain sebagainya. Melakukan olahraga secara teratur tentunya dapat melatih paru-paru agar tetap dapat bekerja secara maksimal dan dengan melakukan olahraga secara rutin ini tentunya dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga tidak terjadinya penyumbatan pada aliran darah yang dapat menyebabkan serangan jantung bahkan kolesterol. Dalam melakukan rutinitas berolah raga ini anda tidak harus melakukan olahraga berat, cukup dengan melakukan olahraga ringan asalkan dilakukan secara rutin dan diimbangi dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup tentunya dapat membantu anda dalam menjalani tips kesehatan bagi perokok ini.

Sumber: pusat medis.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes